Payoneer

Rekening Dolar

Payoneer

Anda seorang online freelancer atau online businessman? If yes, you’re in a good company. Sebagai orang yang mencari uang lewat Internet, kita sama-sama tahu bahwa sumber pekerjaan kita tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga dari seluruh dunia. Dengan potensi penghasilan internasional, tentunya kita dituntut untuk memiliki fasilitas yang mendukung transaksi keuangan internasional. Lalu apa saja pilihan metodenya?

Wire transfer (transfer antar bank)

Dengan menggunakan metode transfer antar bank, pembayaran dari klien akan langsung dikirim ke rekening kita. Kalau klien kita berasal dari dalam negeri, tentu saja ini sangat menguntungkan karena kita bisa mendapatkan pembayaran dalam hari yang sama dengan waktu transfer (atau selang beberapa hari) tanpa potongan biaya transfer (atau dengan biaya transfer yang relatif kecil). Tapi bagaimana bila klien kita dari luar negeri? Ternyata metode ini sungguh sangat tidak menguntungkan. Selain terkena potongan biaya administrasi bla-bla-bla yang jumlahnya bisa puluhan dolar, prosesnya pun terbilang rumit (banyak syarat) dan makan waktu yang tidak sebentar.

Credit Card (kartu kredit)

Bagaimana dengan kartu kredit? Metode ini sangat memudahkan dalam menerima pembayaran karena sifatnya yang internasional, tapi sangat menyulitkan proses pembuatannya (terutama bagi para pemula). Banyak sekali syarat yang diminta oleh bank ketika kita melakukan pengajuan kartu kredit: jumlah rata-rata saldo minimal 3 juta dalam sekian bulan terakhir dan dokumen-dokumen lainnya. Belum lagi harus melewati proses survei. Jangan lupa biaya administrasi bla-bla-bla-nya. Kecuali untuk freelancer yang sudah mapan, semua syarat dan biaya ini tentu akan sangat memberatkan bagi para pemula.

Lalu apa dong solusinya?

Virtual bank

Berfungsi layaknya bank, laman ini menyediakan jasa dalam melakukan transaksi pembelian dan pembayaran. Melalui virtual bank, Anda bisa menerima pembayaran dari belahan dunia mana saja. Setelah itu Anda bisa melakukan penarikan (withdrawal) ke rekening bank lokal yang Anda miliki. Salah satu yang paling populer adalah Payoneer.

Berpusat di New York, Payoneer telah berdiri sejak tahun 2005 dan telah terdaftar di Member Service Provider (MSP) dari MasterCard Worldwide. Seperti PayPal dan virtual bank lainnya, Payoneer juga melayani transaksi keuangan internasional. Artinya jika Anda membuka akun di Payoneer, Anda bisa menerima pembayaran dari dan atau melakukan pembayaran ke rekening lain di luar negeri. Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak!

Pros

daftar ke payoneerPendaftaran sangat mudah dan GRATIS!
Anda tidak perlu memiliki paspor atau kartu kredit. Cukup dengan KTP (National ID), Anda bisa mendaftar di Payoneer. Dengan demikian, akun dapat dimiliki oleh siapa pun, sekalipun Anda bukan warga negara Amerika.

Dapat menerima pembayaran komisi US Payment Service dari program affiliate marketing dari Amazon dan merchant lainnya.

Dapat melakukan transfer saldo antar akun Payoneer.

Menyediakan kartu Payoneer Prepaid Debit MasterCard
Kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja di banyak merchant atau pun tarik tunai di mesin ATM yang berlogo MasterCard di seluruh dunia.

Telah didukung dengan fasilitas withdrawal (pencairan) ke bank lokal di Indonesia.

Biaya tahunan (Annual Fee) yang relatif rendah.
Bila rekening kita di bank lokal memiliki biaya administrasi bulanan, maka Payoneer pun memilikinya, tapi tahunan. Tapi jangan khawatir. Biaya ini hanya dikenakan bila Anda sudah mulai menerima pembayaran. Bila masih kosong, Anda tidak akan terkena biaya administrasi.

Cons

Dibanding PayPal, pengguna jasanya masih relatif lebih kecil.

Adanya fee untuk setiap penarikan, yakni $1 untuk standard dan $3 untuk immediate.

Setelah Anda tahu banyaknya nilai plus dari Payoneer, saya yakin Anda ingin segera memiliki rekeningnya. Silakan klik di sini untuk membuat akunnya dan Anda bisa mendapatkan bonus $25.

daftar ke payoneer